Latihan soal BAB 1 berfikir kritis dan semangat mencintai iptek kurikulum merdeka
Latihan soal berfikir kritis dan semangat mencintai iptek kurikulum merdeka
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada pernyataan di bawah ini sebagai jawaban yang paling tepat!
1. Saat itu Rasulullah Saw. bersama istrinya, Aisyah Ra. lalu beliau minta izin untuk beribadah. Lama sekali sampai menjelang subuh, bahkan menangis tersedu-sedu, karena begitu dalamnya perenungan ayat yang dibaca. Adapun ayat yang dibaca adalah … .
A. Q.S. al-Baqarah/2: 190-191
B. Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191
C. Q.S. an-Nisā’/4: 150-151
D. Q.S. al-Maidah/5: 109-110 E. Q.S. al-An’ām/6: 145-146
B. Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191
C. Q.S. an-Nisā’/4: 150-151
D. Q.S. al-Maidah/5: 109-110 E. Q.S. al-An’ām/6: 145-146
2. Perhatikan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190 ini!
اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ
وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ
3. Perhatikan potongan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 191 berikut ini!
رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ
Berdasarkan potongan ayat tersebut, yang termasuk isi dan
kandungannya adalah … .
A. penciptaan yang beraneka ragam dan berwarna
B. menyelimuti kelompok dari kebimbangan dan keraguan
C. keimanan itu membuahkan ketenangan, serta kebahagiaan
D. berpikir kritis yang menghasilkan kesimpulan tidak ada yang sia-sia
E. kemerdekaan berpikir kritis, agar menghasilkan wawasan yang utuh
4. Orang-orang yang memiliki akal pikiran yang sehat serta akal budi yang
bersih dikenal dengan istilah ulil albab. Di antara tanda-tandanya adalah…
A. keterlibatannya dalam berbagai peristiwa
B. peduli aspek pendidikan dalam meningkatkan martabat
C. pemikirannya mendalam tetapi membawa kesimpulan yang sia-sia
D. semua kondisi yang menimpanya, menghasilkan banyak sekali manfaat
E. daya kritisnya utuh, sehingga tidak didapati keinginan yang meresap
5. Islam sangat menggalakkan untuk berpikir kritis, meneliti dan mengkaji
segala hal yang terkait dengan makhluk ciptaan Allah Swt., tetapi
dilarang memikirkan tentang ….
A. qadha dan segala takdir-Nya
B. nama-nama-Nya yang indah
C. al-Asmaul Husna yang 99
D. sifat-sifat-Nya yang utuh
E. Dzat-Nya atau Hakikat-Nya
6. Berpikir itu ada batasnya. Jika tidak, banyak kekacauan yang terjadi,
termasuk yang terjadi di seputar kehidupan umat manusia. Di antara
dampak negatifnya adalah … .
A. indahnya dunia yang terus diperbaiki
B. semakin banyak hasil perenungan yang didapatkan
C. kehidupan dunia tetap berjalan sesuai kehendak manusia
D. banyak manusia yang tidak mengakui keberadaan Tuhannya
E. akal pikirannya menjadi tumpul dan minim martabat yang didapat
7. Setiap orang harus bercita-cita memiliki ilmu setinggi langit. Namun
harus disadari bahwa Ilmu yang salah, menjadi penyebab kegagalan dan
kehancuran. Sebab itu, ilmu harus dipandu oleh … .
A. landasan yang rinci seluas problema manusia
B. kembali dan menyatunya jati diri bersama pihak lain
C. sistem kepercayaan yang dapat diterima oleh orang banyak
D. kematangan berpikir dan dalamnya penghayatan yang dilakukan
E. iman yang kuat dan cara beribadah yang benar
8. Perhatikan potongan Q.S. ar-Rahmān/55: 33 berikut ini!
يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ
اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا
Berdasarkan potongan ayat tersebut, yang termasuk isi dan
kandungannya adalah … .
A. perintah Allah Swt. kepada jin dan manusia untuk melintasi penjuru
langit
B. kebebasan bagi jin dan manusia untuk kerjasama untuk hal yang baik
C. tidak semua jin dan manusia mampu mengendalikan nafsunya
D. kehinaan bagi siapa saja yang menuhankan semesta raya
E. luasnya penjuru langit dan bumi serta di antara keduanya
9. Berdasarkan Hadis Nabi Saw., silih bergantinya tahun dan bulan, bukan
sekedar berubahnya waktu, namun itu cara Allah Swt. mengambil ilmuNya dengan cara … .
A. timbul kemalasan di sebagian besar para penuntut iptek
B. jauhnya umat dari para pakar yang membidangi ilmu tersebut
C. mewafatkan para ulama dengan ilmu yang dimilikinya
D. minimnya kehadiran umat di seputar ulama
E. berkurangnya para tokoh yang menguasai
10. Cinta dan semangat menuntut ilmu, itu menjadi keharusan. Namun,
ada faktor lain yang harus diperhatikan bagi penuntut ilmu. Hal itu
adalah … .
A. melakukan seleksi guru dan ilmu yang ingin dipelajari
B. kapasitas akal yang naik turun sesuai banyak tidaknya ilmu
C. jumlah dana yang dibutuhkan dengan dana orang tua
D. olah batin yang menurunkan semangat lahir/fisik
E. keamanan dan kesehatan yang melingkupinya
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar!
1. Sebutkan tingkatan berpikir, sehingga seseorang itu sudah sampai taraf
,ilm/’علم ,ظن) dhann/dugaan), dan شك) syakk/keraguan)?
2. Perhatikan potongan Q.S. ar-Rahmān/55: 33 berikut ini!
يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا
Terjemahkan potongan ayat tersebut!
3. Sebutkan 3 ciri dari ulil albab?
4. Amati dengan cermat Hadis ini!
عَنْ اَبِي ذَرٍّ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّ الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَفَكَّرُوْا فِي خَلْقِ اللهِ وَلَا تَفَكَّرُوْا فِي ذَاتِ اللهِ فَتَهْلِكُوا
Berdasarkan Hadis tersebut, jelaskan 3 (tiga) kandungan isinya!
5. Tulis kembali Q.S. Ali Imran/3: 191 dengan benar!
*sumber dari : PAI BP untuk SMA / SMK kelas X
Download buku kemendikbud : https://buku.kemendikbud.go.id/katalog
Belum ada Komentar untuk "Latihan soal BAB 1 berfikir kritis dan semangat mencintai iptek kurikulum merdeka"
Posting Komentar